Xp L7 Artinya

Keberanian (courage)

Ada banyak isu yang niscaya dihadapi tim dalam pengembangan. Nilai keberanian akan membantu tim untuk mengkomunikasikan isu yang ada ke internal tim, manajemen perusahaan, atau klien. Hal ini juga berarti mengambil keputusan terbaik pada situasi tersebut untuk menyelesaikan isu yang muncul.

Sebagai contoh, di tengah pengembangan proyek, tim menerima feedback yang tampaknya sederhana menurut klien, namun hal ini membutuhkan usaha atau effort yang besar untuk mengakomodasi feedback tersebut. Pada situasi ini, tim akan berani mengkomunikasikan effort dan batasan yang ada ke klien sehingga keputusan yang diambil adalah keputusan terbaik untuk kesuksesan bersama.

Praktik Utama dalam XP

Praktik merupakan hal yang dilakukan. Dalam XP, praktik yang membantu meningkatkan kualitas software dilakukan oleh tim, tidak hanya dilakukan di level biasa namun dilakukan di level yang “extreme”. Beberapa praktik utama yang umum dilakukan dalam XP adalah sebagai berikut:

Dalam membangun software, bekerja di ruangan yang sama merupakan cara yang efektif. Komunikasi terjadi secara instan. Hambatan bisa dikomunikasikan dengan cepat. Terjadi percakapan dan interaksi yang menyenangkan. Inilah praktik yang dinamakan Sit Together atau Duduk Bersama.

Bayangkan suatu skenario dimana anggota tim bekerja di tempat yang terpisah padahal berada di satu gedung yang sama. Skenario lainnya adalah anggota tim bekerja dalam satu ruangan yang sama. Kita bisa membayangkan komunikasi dan diskusi pada tim yang bekerja dalam satu ruangan yang sama lebih baik, mengalir, dan effortless.

Praktik ini mendorong agar tim untuk memiliki peran-peran yang utuh yang dibutuhkan untuk kesuksesan proyek. Istilah lainnya adalah tim yang lintas peran (cross functional). Jika sistem yang dibangun membutuhkan Database Expert, tim perlu memiliki peran tersebut. Jika proyek membutuhkan analisis data, peran Data Analyst atau Data Engineer perlu hadir dalam tim.

Praktik ini juga menekankan agar peran-peran tersebut bekerja sebagai tim. Mereka bekerja dalam satu tujuan yang sama untuk kesuksesan proyek. Mereka mendukung satu sama lain dalam kerjaan dan pembelajaran bersama.

Umpan balik atau masukan (feedback)

Apa hal yang membuat tim menjadi lebih baik? Lalu apa hal yang membuat software yang dikembangkan juga menjadi lebih baik? Ya itu adalah masukan atau feedback. Feeback bisa datang dari siapapun: individu dalam tim, pengguna, maupun klien. Banyak hal yang dapat berkembang dalam pengembangan: requirements, arsitektur sistem, teknologi, pola desain, tren pasar (market), dan sejenisnya. Feedback memungkinkan tim dan klien untuk mengubah arah pengembangan jika diperlukan sehingga software yang didapatkan lebih optimal dan sesuai kebutuhan.

Continuous Integration

Kode yang sudah dibuat oleh banyak developer dalam tim diintegrasikan kemudian dilakukan test atau pengujian secara otomatis. Praktik ini akan memudahkan tim untuk menemukan feedback lebih cepat, karena prosesnya dilakukan otomatis. Jika ada masalah saat integrasi, tim akan mendapatkan notifikasi. Continuous Integration juga membuat proses rilis software lebih cepat. Kode-kode yang berhasil digabungkan dan berhasil melalui test integrasi berarti siap dirilis ke lingkungan staging atau produksi.

Nilai atau value akan menjadi landasan bagi praktik. Tanpa nilai, praktik akan kehilangan makna dan tanpa arah. Lima nilai dalam XP yang memandu pengembangan adalah komunikasi, kesederhanaan, feedback, keberanian, dan rasa menghormati.

Informative Workspace

Ruang kerja tim sebaiknya memaparkan pekerjaan dan statusnya. Tim dapat melihat perkembangan pekerjaan sehari-hari dengan mudah. Informasi status pekerjaan dapat dilihat dengan mudah oleh siapapun, termasuk orang di luar tim. Papan tersebut menggambarkan kemajuan pengambangan. Informasi yang ditampilkan papan tersebut up-to-date karena selalu diperbarui oleh tim.

Umumnya praktik informative workspace ini diterapkan menggunakan papan (board) atau dinding (wall). Tim akan menaruh apa yang mereka kerjakan dalam suatu papan, baik papan fisik maupun virtual. Papan tersebut memuat pekerjaan yang siap dikerjakan, sedang dikerjakan, dan selesai. Setiap pekerjaan memiliki penanggung jawab dan anggota yang terlibat. Jika ada hambatan dalam pengembangan, informasi hambatan tersebut dan status penyelesaiannya juga terlihat.

Pernah mencoba memrogram ditemani seorang rekan developer? Practice bernama pair programming ini diyakini akan membuat aktivitas programming lebih produktif. Satu orang membuat kode, satu lainnya memperhatikan dan meninjau kode yang dibuat dan memberikan feedback. Review kode dilakukan secara “extreme” karena berlangsung secara realtime saat penulisan kode. Saat pair programming terjadi, diskusi dan komunikasi terjadi secara intens. Feedback didapatkan secara instan, sistem dibuat lebih sederhana berdasarkan feedback dan diskusi.

Kita juga dapat melihatnya dari perspektif knowledge. Saat pair programming, terjadi pertukaran ide sekaligus pengetahuan. Seseorang yang lebih berpengalaman atau yang mengetahui best practice dalam pemrograman akan berbagi apa yang diketahuinya kepada rekan pair programming-nya. Akhirnya kapasitas satu sama lain akan meningkat.

Dalam XP, User Story adalah practice untuk menulis requirements dalam format yang sederhana. User Story adalah deskripsi singkat tentang requirements dari perspektif pengguna. User Story membantu tim untuk memiliki requirements yang rapi, terstruktur, dan detail namun dengan usaha yang minimal. Karena ditulis dari perspektif bisnis bukan teknis, User Story seharusnya dipahami dengan mudah oleh klien.

Format yang digunakan dalam User Story adalah sebagai berikut:

Sebagai , saya ingin sehingga

Contoh User Story adalah sebagai berikut:

Sebagai pemilik bisnis, saya ingin memantau transaksi yang dicatat oleh staf sales saya sehingga saya dapat mengetahui penjualan harian atau bulanan

Kesederhanaan dalam menulis requirement menggunakan User Story membantu tim untuk lebih fokus dalam membangun percakapan (conversation) dan memahami kebutuhan klien maupun pengguna. Fokus tim digeser dari menulis requirements ke diskusi requirements. Akhirnya kebutuhan pengguna dapat dieksplorasi lebih dalam sehingga solusi yang dibangun benar-benar menjawab kebutuhan.

Dalam Weekly Cycle, tim merencanakan pekerjaan dalam siklus yang singkat, yaitu seminggu sekali. Di awal minggu, tim bertemu untuk merencanakan Story apa yang akan mereka selesaikan dalam satu minggu kedepan. Di sesi perencanaan tersebut, mereka juga meninjau Story apa saja yang mereka selesaikan di minggu sebelumnya. Di akhir minggu, fitur atau fungsi (meskipun cakupannya kecil) dari software yang dikembangkan siap dirilis.

Tim merencanakan pengembangan software dalam siklus kuartal atau tiga bulan sekali. Rencana kuartal ini memberikan gambaran dan goal yang lebih besar dalam pengembangan. Rencana kuartal ini umumnya dikenal dengan roadmap. Dalam rencana kuartal, umumnya ada tema kuartal yang digunakan.

Dalam proyek, siklus kuartal digunakan untuk me-review kemajuan proyek, termasuk apa yang sudah diselesaikan, apa yang belum, dan hambatan apa yang dihadapi. Dari hasil review, adaptasi dilakukan dengan menyusun rencana perbaikan dan memperbarui rencana pengembangan.

Membandingkan skor di papan peringkat

Jika profil gamer Anda disetel ke publik, Anda dapat membandingkan skor Anda dengan skor gamer lain. Pelajari cara menyetel Profil gamer ke publik.

Test-First Programming

Test-First Programming merupakan pendekatan pemrograman dengan cara menyusun kode untuk test terlebih dahulu sebelum menyusun kode untuk aplikasi pengguna. Kode untuk test disusun berdasarkan beberapa skenario yang tertuang dalam User Story. Ketika kode untuk test dijalankan, hasilnya pasti gagal atau tidak lulus test karena memang kode untuk aplikasinya belum dibuat. Selanjutnya kode untuk aplikasi dibuat sehingga kode aplikasi bisa lulus dari pengujian oleh kode untuk test.

Dengan pendekatan ini, tim akan memiliki automated testing. Setiap perubahan yang dilakukan di tengah pengembangan akan jauh lebih aman. Misalnya ada bagian aplikasi yang diubah, tim akan menjalankan automated test untuk memastikan fitur atau fungsi yang sudah dibuat sebelumnya tetap berjalan dengan baik (yang berarti masih lulus test). Jika ada fitur atau fungsi yang gagal atau tidak lulus test, tim akan memeriksa bagian kode dari fitur atau fungsi tersebut dan memperbaikinya.

Rasa menghormati (respect)

Agar kerja sama dan kolaborasi dalam pengembangan berjalan efektif, setiap individu yang terlibat perlu memiliki rasa hormat atau respect terhadap satu sama lain. Individu dalam tim menaruh respect terhadap rekan kerjanya, apapun peran dan jabatannya. Tim menghormati klien, begitu pula sebaliknya. Rasa saling menghormati akan menciptakan lingkungan yang kondusif dan nyaman bagi pengembangan.

Rasa menghormati juga berarti peduli terhadap cara kerja yang digunakan bersama, baik yang berasal dari kesepakatan tim maupun kebijakan perusahaan. Hal ini juga berdampak pada kepedulian terhadap kesuksesan proyek sebagai kesuksesan bersama.

Demikian artikel mengenai extreme programming dari Badr Interactive, jika Anda ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai teknik programming yang biasanya digunakan dalam industri, Anda bisa menghubungi kami disini.

JAKARTA - Inilah kegunaan XP di aplikasi Gojek yang belum banyak diketahui. Experience Point atau XP adalah poin yang akan diberikan kepada anggota GoClub setiap kali Anda melakukan transaksi tertentu di aplikasi Gojek.

Dikutip dari Web Gojek, Jumat (15/9/2023), XP digunakan sebagai indikator untuk menentukan level Anda sebagai member GoClub serta reward yang akan didapatkan berdasarkan level. XP tidak dapat ditukar dengan keuntungan moneter atau non-moneter lainnya.

Kumpulkan lebih banyak XP untuk naik ke level yang lebih tinggi dan mendapatkan lebih banyak reward. Anda bisa melihat total XP yang telah dikumpulkan di halaman utama GoClub.

Anggota akan mendapatkan XP jika menyelesaikan transaksi tertentu. Jumlah XP yang didapatkan oleh anggota dari suatu transaksi akan dihitung dengan formula sebagai berikut:

-Nilai transaksi bersih dibagi Rp5000 lalu dikali dengan faktor pengali

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Adapun XP yang bisa didapatkan member setiap menyelesaikan transaksi di layanan-layanan Gojek seperti:

5. GoSend(tidak termasuk pemesanan melalui situs web portal.gosend.id dan/atau platform lain di luar aplikasi Gojek)

Pembayaran di toko online dan offline terpilih menggunakan GoPay melalui aplikasi Gojek (tidak termasuk top up, transfer, penarikan saldo, atau pembayaran parkir)

Sayangnya, Anda tidak akan mendapatkan XP ketika melakukan transaksi di layanan GoMart, GoShop, GoBox, GoTix, GoPlay, dan layanan lainnya yang tidak tertera pada daftar di atas.

Anda juga tidak akan mendapatkan XP untuk transaksi menggunakan GoPay Coins. Akan tetapi, Anda masih bisa mendapatkan XP jika pembayaran GoPay Coins dikombinasikan dengan pembayaran lainnya.

Jumlah XP yang Anda dapatkan dari tiap transaksi bisa jadi berbeda berdasarkan layanan yang kamu pesan dan metode pembayaran yang kamu gunakan.

Follow WhatsApp Channel Okezone untuk update berita terbaru setiap hari

TRIBUNSUMSEL.COM - Microsoft telah mengumumkan akan menghentikan dukungannya untuk Windows XP pada 8 April 2014 nanti. Karena itu, pengguna yang masih ingin menggunakan sistem operasi tersebut disarankan untuk tidak menggunakan browserInternet Explorer (IE) untuk berselancar di Internet.

Baru-baru ini The United States Computer Emergency Readiness Team (CERT) mengatakan bahwa Windows XP dan IE adalah kombinasi yang buruk. CERT menyarankan pengguna XP beralih dari IE ke browser pihak ketiga jika Microsoft menghentikan dukungannya.

"Pengguna yang memilih tetap menggunakan Windows XP setelah berakhir masa dukungannya bisa mencegah risiko keamanan dengan menggunakan browser selain Internet Explorer," demikian saran CERT seperti dikutip dari Digital Trends, (11/3/2014).

Alasan CERT menyarankan pengguna XP tidak menggunakan IE adalah selain aplikasinya sendiri tidak mendapat versi terbaru juga lubang keamanan yang datang belakangan tidak akan "ditambal" lagi oleh Microsoft.

Sementara, browser alternatif lain versi XP seperti Chrome, Firefox, dan Opera akan tetap mendapatkan update walau tidak dalam jangka waktu lama.

Google misalnya, akan tetap memberikan dukungan Chrome untuk XP hingga April 2015 nanti. Sementara untuk Mozilla dan Opera, walau belum mengumumkan kapan menghentikan dukungannya untuk XP, namun keduanya sepakat untuk terus memberikan update.

Selain Internet Explorer, CERT juga mengeluarkan saran yang sama untuk aplikasi produktivitas Microsoft Office 2003 dalam Windows XP. "Semua software memiliki siklus hidupnya masing-masing, berakhirnya dukungan berarti tidak ada lagi update, perbaikan, atau bantuan teknis online dari Microsoft," terang CERT.

Saat ini, diperkirakan sekitar 30 persen pengguna PC Windows menjalankan sistem operasi Windows XP. PC Advisor juga memprediksi setidaknya ada 40 persen pengguna yang masih memakai kombinasi Windows XP dan IE sebagai aplikasi browser.

Pada banyak game, Anda dapat memperoleh pencapaian, melacak poin pengalaman (XP), dan melihat posisi di papan peringkat dengan Aplikasi Seluler Google Play Game.

Memeriksa pencapaian dan XP

Anda dapat memperoleh pencapaian dan poin pengalaman (XP) yang menandai prestasi Anda dalam sebuah game.

Saat Anda memperoleh XP yang cukup, Anda dapat menaikkan level profil Play Game.